Kucing dikenal sebagai makhluk yang mandiri, tetapi dalam hal menjaga kesehatan giginya, mereka membutuhkan sedikit bantuan dari manusianya. Baik kucing Anda sedang berjuang melawan penyakit gigi atau Anda mencoba menerapkan kebiasaan menyikat gigi yang baik, membersihkan chompers kucing Anda sangat penting untuk kesehatan dan kebugarannya secara keseluruhan.

Mengapa membersihkan gigi kucing itu penting

Semua kucing adalah karnivora wajib, yang berarti makanan mereka terdiri dari setidaknya 70 persen daging. Dengan ini datang satu set gigi tajam, dirancang untuk merobek dan merobek. Karena bentuknya yang unik, makanan dapat dengan mudah tersangkut di antara gigi kucing dan menempel di sepanjang garis gusinya.

Tidak seperti kucing liar yang mengonsumsi bulu dan tulang (yang secara alami menjaga kebersihan giginya), kucing domestik dari semua ras rentan mengalami masalah gigi jika giginya tidak dirawat dengan benar – sama seperti kita!

Penyakit gigi seperti gingivitis dan penyakit periodontal bisa sangat menyakitkan bagi kucing Anda, dan jika tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan gigi dan secara bertahap merusak jantung, ginjal, dan hati mereka. Selain itu, resorpsi gigi kucing dapat terjadi, yang merupakan alasan paling umum kehilangan gigi pada kucing, mempengaruhi 40% kucing dewasa.

Singkatnya, perawatan gigi kucing adalah bagian dari daftar periksa anak kucing baru Anda yang tidak boleh diabaikan. Penting bagi pemilik kucing untuk memahami bahwa kesehatan gigi kucing tidak jauh berbeda dengan kita, dan membersihkan gigi kucing Anda adalah cara yang tepat untuk mencegah penyakit ini dan menjaga agar kucing Anda tetap bahagia dan sehat.

Melihat lebih dekat perawatan gigi kucing

Sekarang setelah kita mengetahui mengapa pembersihan gigi kucing sangat penting, mari selami berbagai metode untuk menjaga kebersihan gigi kucing Anda.

  1. Sikat setiap hari

Menyikat gigi kucing adalah standar emas dan cara terbaik untuk mencegah penyakit gigi. Kunci membersihkan gigi kucing adalah mulai dari usia muda, kesabaran, dan pengulangan yang konsisten. Semakin banyak Anda melakukannya, semakin mudah! Meskipun yang terbaik untuk memulai proses ini di awal kehidupan mereka, tidak pernah ada waktu yang buruk untuk mulai menyikat gigi kucing dewasa. Menerapkan perawatan gigi ke dalam rutinitas perawatan mereka adalah cara yang bagus untuk tetap konsisten.

Cobalah untuk membuat aktivitas ini menyenangkan dengan menggunakan pasta gigi beraroma, dan jangan lupa untuk menghadiahi mereka setelahnya dengan suguhan dan cinta. Mulailah dengan membiarkan mereka menjilat pasta gigi dari jari Anda, dan tunjukkan sikat giginya agar mereka bisa mengendusnya. Kemudian, setelah mereka merasa nyaman dengan itu, cobalah memijat lembut gusi mereka dengan jari Anda untuk membantu mereka terbiasa dengan area yang disentuh. Jika mereka tidak cocok dengan sikat gigi, jari telanjang, jari yang ditutupi kain kasa atau lap gigi, atau sikat jari mungkin bekerja lebih baik untuk Anda. Ingatlah untuk tidak pernah menggunakan pasta gigi manusia karena mengandung fluoride, yang beracun bagi kucing jika tertelan. Pertahankan sesi menyikat gigi yang singkat, dan jangan khawatir jika kucing Anda tidak merespons pembersihan gigi kucing dengan baik pada awalnya. Bersabarlah, pelan-pelan, tetap positif, dan pada akhirnya Anda akan menemukan kesuksesan.

  1. Berikan camilan dan suplemen

Perawatan dan suplemen gigi adalah cara yang bagus untuk melawan bakteri dan kerusakan gigi. Ini termasuk obat kumur yang Anda semprotkan langsung ke pipi kucing Anda atau gosokkan di sepanjang gusinya dengan jari Anda, bahan tambahan air yang mengurangi penumpukan plak, dan perawatan gigi yang mengurangi plak. Penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan sedikit bubuk rumput laut (beberapa cubitan) ke dalam makanan juga dapat mengurangi bakteri penyebab plak.

Jika anda ingin melihat informasi lainnya, silahkan klik disini…

  1. Jaga pola makan yang sehat

Memberi kucing Anda diet seimbang akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, yang meningkatkan kemampuan untuk melawan penyakit – termasuk penyakit gigi.

Kucing dengan penyakit gigi mungkin akan diberi resep makanan khusus yang dirancang untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan plak. Saat kucing menelan sebagian besar makanannya secara utuh, makanan gigi dirancang lebih besar untuk mendorong lebih banyak mengunyah. Melakukan hal itu menciptakan gesekan yang membantu mengikis plak dari gigi mereka.

  1. Ikuti pemeriksaan dokter hewan dan pembersihan gigi

Sangat penting untuk mengikuti pemeriksaan dokter hewan rutin setiap tahun. Selama kunjungan ini, dokter hewan Anda akan memeriksa gigi dan gusi kucing Anda untuk memeriksa tanda-tanda plak, karang gigi, lesi resorptif, dan penyakit periodontal. Jika mereka mencurigai adanya masalah, atau tergantung pada usia, genetika, dan kesehatan kucing Anda secara keseluruhan, mereka mungkin menyarankan pemeriksaan gigi tahunan atau dua kali setahun.

Selama pemeriksaan gigi, dokter hewan akan menggunakan alat khusus untuk memeriksa gigi dan rahang kucing Anda. Bergantung pada hasil tersebut, mereka mungkin perlu membius kucing Anda untuk melihat lebih teliti, dan mungkin melakukan rontgen.

Pembersihan gigi profesional akan menghilangkan plak dan karang gigi dari gigi kucing Anda, dan akan menghaluskan permukaan giginya sehingga plak tidak mudah menempel. Selama pembersihan, dokter hewan juga akan melakukan pemeriksaan mulut lengkap, dan merekomendasikan perawatan tambahan yang diperlukan. Untuk memastikan kucing Anda aman untuk anestesi umum, pemeriksaan darah akan dilakukan sebelum kucing Anda dibius untuk memastikan ada risiko minimal dengan prosedur ini.

  1. Waspadai tanda-tanda penyakit gigi

Meskipun membawa kucing Anda ke pemeriksaan dokter hewan itu penting, penting juga untuk menyadari perubahan perilaku kucing Anda. Menggaruk mulut, mengeluarkan air liur, makan lebih sedikit atau hanya makan makanan lunak, menjatuhkan makanan, gusi merah, dan bau mulut adalah tanda-tanda penyakit gigi. Selain itu, jika kucing Anda membuat ‘wajah lucu’ setelah makan sesuatu yang dingin, itu adalah tanda sakit gigi. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, hubungi dokter hewan Anda sesegera mungkin.

Cakupan gigi untuk kucing

Jika ragu, bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang cara terbaik menjaga kebersihan mulut kucing Anda – mereka dapat membantu Anda membuat rutinitas di rumah yang sesuai untuk Anda dan kucing Anda. Jelajahi panduan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara merawat kesehatan gigi kucing Anda.

Jika kucing Anda jatuh sakit dengan penyakit gusi, biaya perawatan gigi bisa bertambah. Itu sebabnya paket asuransi kucing Labu dapat membantu membayar pemeriksaan gigi dan resep saat digunakan untuk mengobati penyakit seperti penyakit gusi.