Anak kucing baru adalah tambahan baru yang menarik untuk keluarga manapun, tetapi memperkenalkan anak kucing Anda ke kucing lokal Anda akan memakan waktu. Membawa pulang anak kucing baru berarti mempersiapkan orang, ruang, dan kucing Anda saat ini untuk anggota keluarga baru Anda. Di sini, kami membagikan beberapa tips untuk memudahkan proses pengenalan dan membantu kucing favorit Anda menjadi teman baik.

  1. Bersiaplah untuk kedatangan baru Anda

Sebelum Anda membawa pulang anak kucing baru Anda, siapkan tempat untuk mereka. Mulailah dengan menempatkan persediaan anak kucing baru di sekitar rumah Anda untuk memberi tahu kucing Anda yang lain bahwa mereka akan ditemani. Jika Anda bisa, perkenalkan item baru yang sudah memiliki aroma anak kucing baru Anda, sehingga kucing Anda saat ini mulai menyesuaikan diri dengan teman sekamar barunya.

Biarkan kucing Anda mencium barang-barang ini tetapi tidak menggunakannya. Meskipun Anda mungkin sudah memiliki beberapa di antaranya, penting untuk mendapatkan persediaan anak kucing baru Anda sendiri. Beberapa item yang Anda perlukan:

  • Mangkuk makanan
  • Menggaruk posting
  • Kotak sampah
  • Tempat tidur kucing
  • Kerah
  • Mainan
  1. Perkenalkan aroma baru secara bertahap

Pertemuan pertama antara kucing Anda saat ini dan anak kucing baru Anda harus melalui aroma saja. Tempatkan kucing Anda saat ini di ruang terpisah yang aman di balik pintu tertutup sebelum membawa pulang anak kucing Anda untuk pertama kalinya. Anak kucing Anda akan menikmati kesempatan untuk menjelajahi lingkungan barunya (dan mencium aroma kucing Anda saat ini) tanpa melibatkan teman berkaki empat lainnya.

Selanjutnya, letakkan anak kucing baru Anda di kamar tidur cadangan dan biarkan kucing Anda saat ini menjelajah. Mereka ingin mencium bau anak kucing baru dan ingin tahu tentang kucing baru ini. Puji mereka dengan memberi mereka camilan atau makanan kucing favorit mereka selama proses ini untuk menciptakan penguatan positif.

  1. Perkenalkan kucing Anda secara langsung dengan hati-hati

Saat pertama kali memperkenalkan kucing Anda secara langsung, Anda harus meletakkan anak kucing baru Anda dengan aman di balik penghalang. Baik itu pembawa hewan peliharaan, gerbang bayi, atau pintu kasa, kucing Anda harus dapat melihat satu sama lain tetapi tidak terlalu dekat.

Kucing dewasa atau kucing tua yang bersifat teritorial mungkin awalnya angkuh, pemarah, atau bahkan suka menyendiri. Mereka mungkin bereaksi dengan agresi atau dengan mendesis untuk menunjukkan bahwa ini adalah rumah mereka.

Sebaliknya, anak kucing baru mungkin gugup dan takut pada kucing Anda yang lain dan lingkungan barunya, itulah sebabnya memperkenalkan mereka dengan benar sangat penting.

Ingatlah untuk tetap sabar, karena kedua kucing perlu waktu untuk saling mengenal. Pertahankan perkenalan awal yang singkat dan akhiri segera setelah Anda memiliki alasan untuk khawatir tentang pertengkaran. Proses pengenalan mungkin memakan waktu seminggu atau bahkan lebih lama, tergantung pada ras kucing Anda dan seberapa ramahnya mereka.

Di sisi lain, perkenalan bisa berjalan dengan sangat lancar! Kucing Anda mungkin penasaran dan ingin bertemu satu sama lain, tetapi pada awalnya, yang terbaik adalah berhati-hati.

  1. Buat ruang terpisah untuk waktu sendiri

Setelah Anda memperkenalkan anak kucing dan kucing baru Anda beberapa kali, Anda harus memberi mereka ruang terpisah untuk sementara waktu. Setiap kucing akan membutuhkan ruang aman mereka sendiri jauh dari sisa rumah. Kucing membutuhkan waktu menyendiri jauh dari anggota keluarga – berkaki empat dan sebaliknya – di mana mereka dapat mundur dan dibiarkan sendiri.

Ruang anak kucing Anda harus mencakup baki kotoran, mangkuk air, dan beberapa mainan untuk waktu bermain. Jika Anda tidak memiliki banyak ruangan, tempat bertengger dan kondominium kucing adalah tempat yang sempurna bagi kucing untuk beristirahat saat mereka beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Jika anda ingin melihat informasi lainnya, silahkan klik disini…

  1. Awasi mereka selama bermain dan perhatikan tanda-tanda peringatan

Jangan pernah meninggalkan kucing yang lebih tua di sekitar anak kucing baru tanpa disengaja. Bahkan ketika Anda berpikir mereka merasa nyaman satu sama lain, ini bisa berubah dalam sekejap. Saat mereka bersama, perhatikan bahasa tubuh masing-masing kucing untuk memantau seberapa baik mereka bergaul. Anda akan mendengar desis dan geraman saat kucing merasa terancam dan ketakutan, dan itulah isyarat Anda untuk memisahkan kucing.

Anda juga harus memperhatikan tanda-tanda kecemasan pada kucing. Gejala kecemasan dan stres pada kucing dapat meliputi:

  • Bersembunyi
  • Menjadi kurang aktif dari biasanya
  • Perilaku destruktif atau agresif
  • Gemetaran
  • Vokalisasi yang berlebihan
  • Nafsu makan berkurang dan berat badan turun

Ekor dan telinga kucing Anda juga akan memberi Anda petunjuk tentang apa yang mereka rasakan. Ekor yang diselipkan menunjukkan kecemasan sementara ekor yang dikibaskan atau dicambuk menunjukkan ketakutan dan kemarahan. Telinga yang tegak dan rileks menunjukkan kebahagiaan sementara telinga yang tegak menunjukkan kewaspadaan.

  1. Sediakan banyak suguhan dan mainan

Saat kucing yang ada dan kucing baru Anda mulai hidup bersama, mereka mungkin bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda, serta makanan, camilan, dan mainan. Untuk memadamkan kompetisi ini, penting untuk memperkenalkan suguhan dan mainan baru kepada mereka secara bersamaan.

Sebelum Anda menyadarinya, mereka akan mulai bermain dan mengantri untuk mendapatkan hadiah bersama. Waktu bermain kucing normal akan mencakup banyak menerkam dan memukul, tetapi jika Anda mulai melihat tanda-tanda peringatan stres atau agresi, bawa satu kucing ke ruangan terpisah.

  1. Sabar

Jika sepertinya kucing Anda tidak akan pernah akur, jangan berkecil hati. Yang benar adalah kucing butuh waktu untuk terbiasa satu sama lain! Ingat, kemajuan tidak linier – beberapa hari kucing Anda akan tampak seperti teman baik, dan di lain waktu mereka akan tampak seperti musuh total. Yang penting adalah Anda tetap konsisten dengan praktik sosialisasi dan membantu kucing Anda merasa nyaman dan aman di sepanjang jalan.

Bahkan jika Anda berusaha keras, kucing Anda mungkin menunjukkan masalah perilaku seperti kecemasan atau agresi. Kucing menunjukkan banyak perilaku yang sulit dipahami, jadi jika ragu, bicarakan dengan dokter hewan atau spesialis perilaku untuk membantu kucing Anda menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka bersama.

Sementara kucing Anda belajar hidup bersama, masalah perilaku dapat muncul dan kecelakaan dapat terjadi. Paket asuransi kucing Labu dapat membantu membayar hingga 90% untuk tagihan dokter hewan yang ditanggung, sehingga kucing Anda bisa mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan sekarang dan selamanya.